Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah

, , No Comments
Layanan Bimbingan dan Konseling dilakukan di sekolah (sumber:www. google.com)
Rasional layanan bimbingan dan konseling di sekolah
UU No. 2/1989 Bab I pasal 1, ayat 1 :  ”Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menyiapkan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi perannya di masa yang akan datang”
Peraturan Pemerintah No 28/1990, Bab X, pasal 25
  • Ayat 1: ”Bimbingan adalah bantuan kepada peserta didik untuk memahami diri, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan
  • Ayat 2 : ”Bimbingan dilaksanakan oleh Guru Pembimbing”.
Permendiknas. No. 27/2008


Pengertian Dasar, Hakekat, dan Tujuan B.K.
Pengertian dasar:
B.K. adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi dan sosial, kemampuan belajar, dan perencanaan karir melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendudkung berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Hakekat B.K.
Sebagai upaya memfasilitasi peserta didik yang selanjutnya disebut konseli, agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas-tugas perkembangannya---aspek fisik, emosi, intelektual, dan moral spiritual.
Tujuan B.K. :
membantu peserta didik mencapai perkembangan potensinya secara optimal sehingga mampu mencapai tugas-tugas perkembangannya, yang meliputi aspek pribadi-sosial, belajar dan karir mencapai peserta didik yang matang dan mandiri---memandirikan peserta didik

Program layanan bimbingan dan konseling di sekolah
Paradigma:
BK adalah pelayanan bantuan psikopendidikan dalam bingkai budaya
Pendekatan baru berorientasi perkembangan atau bimbingan dan konseling komprehensif yang didasarkan pada upaya mencapai tugas-tugas perkembangan, pengembangan potensi, dan pengentasan masalah konseli---pendekatan lama berorientasi tradisional, remedial, klinis, dan terpusat pada konselor.

Visi dan Misi:
Visi Profesi bimbingan dan konseling
Visi profesi konseling adalah berkembangnya potensi, bakat, dan minat peserta didik secara optimal serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
Misi:
  1. Misi pendidikan
  2. Misi pengembangan
  3. Misi pengentasan masalah

Sumber :
  1. Fadhilah, Siti S. 2015. Presentasi Materi Bimbingan dan Konseling. Universitas Sebelas Maret : Surakarta

0 comments:

Posting Komentar