Hasil Riset : Jangan Buang Ikan Mas Di Alam Bebas

, , No Comments
Perbandingan ukuran ikan mas : (kiri) Ikan mas di alam bebas, (kanan) ikan mas di akuarium
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Kanada, membuang ikan mas (Latin: Cyprinus carpio) ke alam bebas terbukti dapat mengubah spesies ikan. Sehingga, jangan heran jika Anda menemukan ikan mas tersebut dapat berukuran berkali-kali lipat dibanding saat berada di akuarium.

Menurut Kate Wilson, peneliti spesialis hewan air dan spesies pengganggu dari Taman dan Lingkungan Hidup Kanada, ikan mas adalah spesies yang dianggap hewan pengganggu. Mereka tidak memiliki predator alami dan sanggup hidup dalam kondisi air yang buruk.

“Ikan terbesar yang kami tangkap berukuran sebesar piring makan,” ungkap Wilson, dikutip CNN.
“Ini sisi gila dari hewan air yang biasa dipelihara. Anda menyimpan mereka di akuarium dan mereka terlihat kecil dan lucu. Begitu Anda melepaskannya ke alam bebas, ukuran mereka membengkak dan menghabiskan makanan yang ada di alam,” sambung Wilson.

Tingkat adaptasi hewan ini bukan main, ikan-ikan ini mampu bereproduksi di lingkungan yang dingin, kasar, dan rendah kadar oksigennya, seperti di Fort McMurray yang terletak 275 mil (442,5 km) ke Selatan dari Edmonton, Alberta. Di tempat ini, mereka menemukan empat generasi ikan tersebut.

Namun, Wilson menganggap membuang ikan ke saluran air bukanlah tindakan bijak.
“Kami perkirakan ada ratusan hingga ribuan ikan berenang bebas di sungai dan air. Hal yang saya khawatirkan adalah bahwa orang-orang mengira ini tindakan wajar. Kita perlu membetulkan informasi yang salah ini.”

Membuang ikan hidup dari satu sumber air ke sumber air lainnya adalah tindakan ilegal. Memasukan sembarang spesies hewan ke ekosistem yang bukan pada tempatnya akan menimbulkan dampak yang cukup berarti di lingkungan ekosistem tersebut, seperti dalam kasus ikan mas ini. Pemilik yang tidak menginginkan ikannya lagi punya beberapa opsi: mengembalikan ikan itu ke penjual atau memberikannya pada orang lain atau memasaknya.

Walaupun penelitian ini bukan dilakukan di Indonesia, amat penting kita untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Tidak semua ekosistem itu sesuai untuk semua spesies, dalam hal ini ikan mas, semakin sedikit predator alami di alam yang akan memangsa ikan tersebut populasi ikan tersebut akan semakin merugikan karena akan menghabiskan makanan hewan lain di air. Ikan mas sendiri bukanlah hewan asli Indonesia lihat disini.

qal:
C1

0 comments:

Posting Komentar