Cara Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

, , No Comments

Presentasi di Lomba Karya Tulis Ilmiah
Lomba karya tulis ilmiah (LKTI) seharusnya bukan hal yang asing lagi bagi pelajar yang pernah bergelut dengan ekstrakulikuler KIR (Karya Ilmiah Remaja).

Saya sedikit banyak pernah mengikuti beberapa lomba LKTI, mungkin kita mulai dengan pertanyaan "Apa itu LKTI?", LKTI ini merupakan suatu ajang yang diselengarakan untuk menyaring ide-ide kreatif dari para pelajar (siswa ataupun mahasiswa).

"Kenapa ada LKTI?"

Hmm... sejauh ini yang saya ketahui, LKTI di Indonesia hanya sebatas mengompetisikan ide, acara selesai ya sudah. Walaupun teman saya pernah mengikuti kompetisi yang menghadirkan Stakeholder (pihak-pihak yang dapat membantu mengimplemetasikan ide kita, contoh : pemerintah daerah, dsb.). Yah begitulah... pengembangan ide selanjutnya umum diserahkan pada peserta lomba. Jadi intinya kebanyakan LKTI yang saya ketahui hanya untuk kompetisi saja, akan sangat disayangkan jika ide hanya berakhir di kompetisi yang hasilnya hanya berupa sertifikat + hadiah bukan pengembangan profesional secara berkelanjutan. Untuk para inovator muda sekalian, harapan saya agar kalian mengembangkan ide dengan sungguh-sungguh jangan anget-anget tahi ayam selesainya cuma kompetisi doank, kalau bisa bahkan bisa dirasakan ke masyarakat dampak dari ide kita.

"Siapa saja yang bisa ikut LKTI?"

Jawabannya: tergantung dari penyelengara lombanya, kalau itu hanya ditunjukan untuk pelajar SMA sederajat itu artinya mahasiswa tidak bisa ikut ataupun sebaliknya. Dalam penyelengaraan LKTI, peserta lomba umunya salah satu dari berikut ini: Pelajar, Mahasiswa, atau Umum.

"Di mana diselengarakannya?"

Umumnya penyelengaranya adalah universitas atau perguruan tinggi, walaupun panitianya adalah mahasiswa.

"Apa untungnya kita ikut LKTI?"

  1. Mendapatkan prestasi (mendapatkan sertifikat)
  2. Mencari pengalaman dalam berkompetisi (buat nambah CV)
  3. Belajar berbicara dalam presentasi (di kompetisi kita bisa liat cara orang presentasi dengan keren)
  4. Jalan-jalan (gratis kalau ada bantuan dana dari sekolah atau kampus)
"Kapan lomba LKTI?"

Untuk mencari lomba-lomba LKTI kalian bisa cari di google dan mengetikan lomba LKTI di sana ada banyak, pastikan lihat tanggal acaranya kapan mulai pendaftaran dan mengumpulkan karyanya.

"Bagaimana cara mengikuti lomba LKTI?"

  1. Cari lomba LKTI yang sesuai di Google.
  2. Pastikan tanggal, lokasi penyelenggaraan dan peruntukannya sesuai dengan keinginan anda.
  3. Lihat tema lomba dan sub-temanya karena ini akan menjadi acuan dalam kita membuat karya tulis, kalau tidak sesuai tema umumnya tidak diloloskan.
  4. Baca dengan seksama panduan lomba.
  5. Kumpulkan karya tulis anda sebelum batas pengumpulan akhir (deadline).
  6. Cek secara berkala email anda, biasanya pengumuman dilakukan via email atau website.
  7. Jika lolos hingga ke tahap presentasi karya, anda bisa pergi ke acara kompetisi dengan membawa nama sekolah/universitas (supaya dapat bantuan dana hehe..), jangan lupa bagi yang berstatus mahasiswa, umunya harus mengurus berkas-berkas ke pihak universitas/fakultas untuk mendapatkan bantuan dana.
  8. Presentasi
  9. Pengumuman juara.
  10. Field Trip alias jalan-jalan, ini tergantung penyelenggaranya diadakan jalan-jalan atau tidak.

Mungkin sampai disana dulu informasi dari saya untuk para kerabat inovator muda sekalian, semoga bisa sukses berkompetisi.

0 comments:

Posting Komentar