World Day for Water 2015 (Hari Air Sedunia 2015), Menjaga Air untuk Kehidupan Kita

, , No Comments


Selamat pagi, kamu tahu kan hari ini adalah hari air? Iya, air, yang baru saja kamu minum atau kamu pakai untuk cuci muka tadi. Hari ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan sebuah refleksi, renungan singkat betapa pentingya air dan betapa bergantung kita padanya.



Air menopang kehidupan kita, bahkan tubuh kita mengandung hingga 70% air. Namun sayangnya, sungai sebagai sumber air kita saat ini kritis terancam oleh pencemaran akibat limbah industri.

Sadarkah bahwa sebenarnya kamu sangat beruntung?

Tidak semua orang memiliki kemewahan akses air bersih bebas bahan beracun berbahaya. Kamu lihat gambar disamping, itu adalah sawah seluas 1000 hektar lebih di wilayah Rancaekek, kabupaten Bandung yang tercemar limbah industri. Sawah ini tak produktif lagi, nyaris tak bisa lagi ditanami.

Kamu beruntung karena tidak tinggal di sekitar sungai Cikijing (anak sungai Citarum), Rancaekek. Kamu beruntung karena sumber air tempat kamu minum, mandi dan keperluan pribadi tidak tercemar limbah. Tapi Abah Oni (70th) tidak seberuntung kamu. Sawahnya tidak produktif lagi dan air sumurnya tak lagi layak untuk dikonsumsi. Baca kisah Abah Oni di sini.

Industri yang tidak bertanggung jawab membuah limbah seenaknya, mereka membuang bahan berbahaya ke sawah tempat Abah Oni bertani, mencemari sumur tempat keluarganya minum, dan mengotori sungai tempat cucunya bermain air.


Source : greenpeace.org

0 comments:

Posting Komentar