Membangun Bangsa Melalui Kedisiplinan

, , No Comments

M. Faisal – Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - 2013

Kedisiplinan bukanlah suatu sikap hanya perlu di miliki oleh kalangan militer, sikap ini juga harus dimiliki oleh semua orang. kedisiplinan seseorang menggambarkan keseriusan dan komitmen dari setiap individu.

Ini selaras dengan pendapat dari Sutopo Yuwono dalam buku Dasar-Dasar Produksi yang menyatakan bahwa “disiplin adalah sikap kejiwaan seseorang atau kelompok orang yang senantiasa berkehendak untuk mengikuti atau mematuhi keputusan yang telah ditetapkan”.

Kedisiplinan ini yang mulai banyak diabaikan oleh sebagian orang di Indonesia, ini dibuktikan dengan adanya ketidaksingkronan antara jadwal yang tertulis dengan realita yang ada, contohnya: acara yang seharusnya dimulai pukul 7:30 WIB malahan dimulai pukul 8:30 WIB, peserta acara yang datang terlambat, dan lain-lain. Dari semua contoh tersebut, muncul istilah Jam Karet.

Sebagian orang di negeri ini sekarang sudah mulai terbiasa dengan istilah ini karena mungkin sering mengalaminya secara langsung. Hal terburuk akan terjadi apabila bangsa ini sudah membiasakan diri dengan hal-hal secmacam itu.

Dalam hal kualitas tenaga kerja, pemberi pekerjaan pasti akan mencari tenaga kerja dengan kualitas yang baik, untuk itu tidak sedikit pemberi pekerjaan mengadakan interview. salah satu aspek yang dinilai tersebut adalah kedisiplinan. Dengan kedisiplinan tersebut diharapkan mampu menangani beban pekerjaan yang akan pelamar kerja terima. Dengan semakin banyaknya orang-orang Indonesia yang disiplin, diharapkan mampu menjadi mendapatkan pekerjaan yang terbaik yang tentu saja nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dalam menilai kemajuan suatu bangsa, penilaian tidak boleh hanya sekadar kemampuan yang berupa IQ (sepert kemampuan eksak atau akademik), namun juga menilai kemampuan-kemampuan seperti kedisiplinan, emosional, kemampuan dalam menyelesaikan masalah, kemampuan berorganisasi dan bernegosiasi, dan sebagainya.

Penanaman nilai kedisiplinan ini sebaiknya dilakukan sejak dini, ini dapat melalui pendidikan dari beragam jenjang mulai dari pembelajaran keluarga sampai dengan perkuliahan. Dalam pedidikan agama Islam, ini sudah diajarkan seperti salat tepat waktu dan melarang makan-makanan yang haram.

Dengan pembangunan karakter disiplin ini dapat menjadi solusi untuk memperbaiki pola pikir dan kualitas masyarakat Indonesia dan juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.



 Illsutartion image by Google.com

0 comments:

Posting Komentar