Cara Mudah Ikut Kompetisi Paper Luar Negeri (Konfrensi/Conference)

, , 10 comments
Bagi kalian yang hobi dengan karya tulis terutama paper, tidak ada salahnya mencoba kompetisi di luar negeri. Kalian tidak perlu takut belum mahir berbahasa inggris ataupun belum lulus S1, cukup punya tekat, ide kreatif, dan kerja keras pasti bisa kok, soalnya aku pernah mengalaminya untuk mengikuti konfrensi di Brunei Darussalam semoga info yang sedikit ini bermanfaat. berikut ini langkah-langkahnya,



Ide

Pada bagian ini, adalah salah satu bagian paling penting. karena apa? Karena apa yang mau kita buat paper kalau ide-nya tidak ada. untuk bagian ini kalian setidaknya mendapatkan garis besar idenya, syukur-syukur sudah sampai detailnya juga.

Nah, jika sudah ada gambaran secara garis besarnya, kalian coba cek di Google atau jurnal-jurnal online, setidaknya periksa apa judul kalian sama persis seperti yang pernah dibuat orang lain takutnya kalian nanti dikira plagiat :-( .

Mencari Kompetisi

Ada banyak cara mencari kompetisi, salah satunya dengan menggunakan Google. Anda cukup mengetikan Call for Paper lalu diikuti dengan tahunnya, dan coba cek apakah temanya sesuai dengan ide yang anda miliki tersebut.
Ada cara yang lebih mudah, silahkan kunjungi wikicfp.com dan berikut contoh mencari kompetisi dengan wikicfp.com

  • Pilih kata kunci yang ingin anda cari, boleh berupa tempat pelaksanaan, tema, ataupun nama acara lalu sesuaikan tahunnya
  
  •  Contoh saya memasukan tema Economy maka akan muncul tampilan seperti berikut ini, perhatikanlah Deadline acara, tempat acara, kapan acara akan dilangsungkan, dan nama acara tersebut. Lalu kliklah di bagian Event atau nama acaranya
  • Contoh, saya memilih kompetisi KES-AMSTA BMI-DT 2015, kliklah link seperti pada gambar panah di bawah ini untuk mengunjungi website resminya agar lebih detail.
  • Saat mengunjungi website resminya yang anda harus lakukan adalah memeriksa Important Dates / Tanggal penting, Registration Fee / Biaya registrasi, Template / Format paper, Topic / Tema paper, dan Submission / Cara pengiriman paper.
Contoh cara untuk registrasi

Contoh biaya pendaftaran


Conto tanggal penting

Contoh format paper yang diinginkan
 
 
Contoh cara mengirim paper


Contoh tema topik paper yang disarankan

  •  Jika kompetisi yang anda pilih sudah anda rasa cocok anda bisa langsung mempersiapkan papernya sebelum deadline.
Menyusun Paper

Pada bagian ini anda harus mengumpulkan semua data dan menguji kebenara hipotesis dari ide anda. Untuk lebih singkatnya, anda membuat suatu penelitian dan hasilnya disusun sesuai dengan Template / format paper yang diinginkan oleh pihak penyelenggara lomba.

Bagi yang belum pernah melakukan penelitian, anda bisa konsultasi kepada dosen ataupun teman yang mengerti mengenai tata cara penelitian. Jika anda ingin membentuk kelompok untuk ikut kompetisi tersebut, carilah orang yang benar-benar bisa diandalkan dan bukan hanya ingin jalan-jalan saja dan tidak ingin mengurus keperluan sebelum dan sesudah mengikuti konfrensi.

Mengirim Paper

Jika paper telah jadi, kirimlah paper tersebut sesuai dengan perintah yang ada pada website resmi penyelenggara mengenai tata cara pengiriman atau submission dan pastikan dikirim sebelum tanggal akhir pengumpulan.

Persiapan Keberangkatan

Jika anda sudah mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) di email ketua kelompok yang artinya anda telah lolos dan diundang untuk presentasi di sana (tempat akan diselenggarakannya acara), mulailah mengurus Passport, Visa (jika berada diluar ASEAN), akomodasi, dan keperluan selama di sana, tiket keberangkatan, dan yang paling penting Regsitration Fee  alias Uang registrasi.


Uang registrasi ini lumayan besar, tergantung dari penyelenggara acaranya, aku ikut konfrensi di Brunei dikenakan biaya sebesar Rp.5.200.000.-, jadi periksa baik-baik besar uang pendaftaran ini. Tata cara pembayaran biasanya termuat dalam LoA ataupun dalam website resminya. Biasanya untuk mengirim ke bank luar negeri dapat menggunakan kartu kredit ataupun ATM yang bertanda Mastercard.



Bagi anda mahasiswa yang berkantong anak kos, gak ada salahnya mencari dana ke fakultas, universitas, lembaga pemerintahan, Dikti, dan para sponsor .

Presentasi

Setelah anda sampai ke tempat konfrensi, pada saat anda mempresentasikan tentunya harus menggunakan Bahasa Inggris mulailah melatih belajar bahasa inggris tidak harus baku, yang terpenting adalah mereka mengerti dan kita mengerti, jika anda merasa terlalu takut dan tidak ingin ambil resiko, anda sebelumnya menambahkan teman anda yang jago berbahasa Inggris menjadi anggota kelompok anda. Presentasikanlah ide anda dengan santai dan mudah dimengerti, oleh sebab itu berlatihlah berbicara didepan orang banyak mulai sekarang.



Pasca Presentasi


Presentasi adalah acara inti anda mengikuti lomba ini, dan anda akan mendapatkan Sertifikat sebagai pemakalah :) dan pastinya mendapatkan pengalaman dan kenal orang-orang hebat dari berbagai negara. Umumnya setiap penutup acara akan diadakan seminar dari orang ternama dan juga fieldtrip alias jalan-jalan, untuk filedtrip ini terkadang sudah termuat dalam registration fee tetapi terkadang juga tidak, dan kita harus mengeluarkan kocek lagi tentunya. Dan pada akhirnya paper saya diterbitkan menjadi jurnal internasional di International Journal of Innovation, Management and Technology, klik disini atau di sini untuk melihat.

Jalan-jalan ke Mesji Omar, Brunei Darussalam


Semoga dengan secuil kisah saya ini dapat menginspirasi kalian yang ingin mengukir prestasi sambil keliling dunia, gak ada salahnya untuk dicoba. Untuk yang ingin bertanya silahkan beri komentar akan saya jawab sesuai kapasitas saya :). Salam Pendidikan Indonesia!

*Note:

Jika karya anda sudah diterbitkan secara online, email anda yang telah terpublikasi di Website Publisher Jurnal tersebut akan sering dikirimi pesan penipuan oleh orang yang tidak dikenal, ini karena alamat email anda sudah terpublih google dan siapa saja bisa mengetahuinya. Solusinya jika anda mendapat email dari orang yang tidak dikenal dan mencurigakan serta mengiming-imingi sesuatu, sebaiknya jangan dipedulikan ataupun dibalas.

NB:    Klik gambar untuk memperbesar

10 komentar:

  1. keren!! semoga bisa mengikuti jejaknya :) terima kasih atas sharing pengalamannya

    BalasHapus
  2. kalo mau kirim abstract and paper harus tim atau individu ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk paper boleh individu atau boleh juga kelompok

      Hapus
  3. baru mau mulai buat mencari pengalaman dengan submit paper >< tapi tadi masih agak bingung mau mulai dari mana. ada banyak konferensi tapi harus registered, nah untuk registrasi itu sendiri bayarnya kalau paper sudah lolos ya? ini contohnya http://iated.org/inted/registration

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu biasanya itu bayarnya kalau sudah lolos, dan ada pemberitahuan via email

      Hapus
  4. Kak mau tanya.. Kalo paper yang tim boleh sampe 4 orang ga ya? Hehe

    BalasHapus
  5. Yang saya tahu tidak ada batasan anggota tim

    BalasHapus
  6. Mohon info, jika kemampuan bahasa inggris kita masih kurang baik bagaimana tips agar paper yg kita submit bisa lolos seleksi?

    BalasHapus
  7. wah bermanfaat sekali postingannya, terima kasih banyak :)

    BalasHapus