Hello,This is me!

Faisal Ahmad

As Fashion Men Enthusiast I'am a Travelloger! Photography is my passion I'am a Software Developer

November 13, 2011

Hewan yang Hidup di Daerah Kutub Selatan ( Benua Antartika )


Kali ini kita akan membahas tentang daerah yang jauh dari jangkauan kita, yaitu Kutub Selatan. Aku hanya akan menjelaskan tentang populasi hewan yang dapat bertahan hidup di sana. Seperti apakah kehidupan mereka di sana? Mari kita liat
Antartika
Antartika
Kutub selatan berada di benua Antartika yang dikelilingi oleh lautan es. Walaupun lingkungannya kita anggap mustahil untuk ditempati oleh makhluk hidup, namun ada beberapa spesies fauna yang dapat hidup di sana.
Berikut spesies hewan yang hidup di Kutub Selatan :

1. Pinguin
Pinguin Emperor penguins and Chicks
Pinguin
Pinguin merupakan kelompok burung, hanya saja mereka tidak dapat terbang. Ada 4 kelompok spesies pinguin yang hidup di kutub selatan, yaitu Emperor, Adelie, Chinstrap, dan Gentoo. Bentuk tubuh pinguin mampu beradaptasi dengan kemampuan berenang dan menyelam. Mereka mempunyai lemak yang tebal dan susunan bulu yang saling tumpang tindih. Mereka hidup secara berkoloni (rookeries) dengan mengonsumsi ikan yang hidup di laut.

2. Anjing Laut
Anjing Laut
Ada 5 spesies anjing laut yang hidup di benua antartika, yaitu Waddle, Ross, Crabeater, Leopard dan Fur. Makanan mereka adalah ikan, krill dan cumi-cumi, dan berburu mangsanya menggunakan echolocation – jenis dari “penglihatan” yang menggunakan gelombang sonar untuk mencari makanan. Di Antartika, populasi anjing laut berkembang pesat karena kurangnya predator alami berbanding terbalik dengan anjing laut yang hidup di kutub utara yang memiliki predator alami seperti Beruang Kutub.
3. Ikan Paus
Paus
Ikan Paus
Di Antartika ada empat spesies paus baleen (paus yang lebih besar yang memiliki dua lubang sembur) dan dua jenis paus bergigi (yang berburu mamalia besar seperti cumi dan ikan besar). Mereka tinggal dan makan di Antartika saat musim dingin dan bermigrasi jauh ke Artik(kutub Utara) untuk berkembang biak selama musim panas.
4. Burung Laut
Burung Laut
Burung laut adalah burung yang mampu terbang jauh, dapat hidup di darat dan laut. Burung laut memiliki selaput kaki dan punya bulu yang lebat. Ada 35 spesies burung laut (termasuk pinguin) di Kutub Selatan. Burung laut ini datang untuk berkembang biak dan makan selama musim panas, ketika makanan hampir tak terbatas, dan bermigrasi ke utara pada musim dingin. Salah satu spesies tersebut, elang laut, adalah burung laut terbang terbesar di dunia, dengan lebar sayap yang mampu mencapai 4 meter.

Kalian bisa memanggil saya Faisal. Saya adalah seorang model busana yang begitu tertarik di dunia fashion dan fotografi. Saya menyukai hari-hari saya sebagai travelloger dan berinteraksi dengan banyak orang serta mengembangkan potensi daerah. Sampai saat ini saya berusaha membuat konten blog yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

0 comments:

Posting Komentar

Faisal Ahmad
Direct Message
Lampung, Indonesia

SEND ME A MESSAGE

Statistik