Hello,This is me!

Faisal Ahmad

As Fashion Men Enthusiast I'am a Travelloger! Photography is my passion I'am a Software Developer

Oktober 25, 2011

Karang Penghalang Besar ( Great Barrier Reef )

Karang Penghalang Besar dalam bahasa inggris disebut Great Barrier Reef. Karang Penghalang Besar merupakan suatu kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang memiliki sekitar 3.000 individu terumbu dan 900 pulau-pulau yang membentang dalam area 2.600 km atau sekitar 344.400 km persegi.

Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia hingga masuk ke perairan Papua Newguinea. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral . KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981, dan pada tahun 2011, Great Barrier Reef masuk dalam nominasi 7 keajaiban dunia versi alam bersaing dengan warisan alam dunia lainnya seperti Pulau Komodo di Indonesia, Pulau Jeju di Korea Selatan, Gunung Kilimanjaro di Tanzania dan nominasi lainnya.

Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

ada beberapa ilmuwan Australia yang menyatakan bahwasannya mereka telah menemukan kehidupan laut prasejarah yang aneh pada ratusan kilometer di bawah "Great Barrier Reef", dalam satu misi yang tak pernah dilakukan sebelumnya untuk mendokumentasikan spesies yang terancam akibat pemanasan global.

Berbagai makhluk purba seperti ikan hiu, ikan raksasa yang mengandung minyak ikan, kumpulan hewan berkulit keras, dan spesies cumi-cumi primitif yang hidup di dalam tempurung yang disebut nautilus termasuk di antara kehidupan mempesona yang ditangkap oleh kamera yang dikendalikan dari jauh di Osprey Reef.

jika penasaran dengan Great Barrier Reef bisa kita saksikan gambarnya berikut ini ;





kenampakan Great Barrier Reef dari luar angkasa


ekosistem di dalam Great Barrier Reef

sungguh disayangkan bukan jika Great Barrier Reef yang indah dan terbentuk selama ribuan tahun ini rusak akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab atau pun rusak akibat pencemaran lingkungan oleh manusia seperti terjadinya pemanasan global, maupun pencemaran lainnya yang mengakibatkan rusaknya ekosistem bawah laut yang indah ini. mari kita jaga kelestarian lingkungan kita agar anak cucu kita dapat melihat keindahan tersebut.

Kalian bisa memanggil saya Faisal. Saya adalah seorang model busana yang begitu tertarik di dunia fashion dan fotografi. Saya menyukai hari-hari saya sebagai travelloger dan berinteraksi dengan banyak orang serta mengembangkan potensi daerah. Sampai saat ini saya berusaha membuat konten blog yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

0 comments:

Posting Komentar

Faisal Ahmad
Direct Message
Lampung, Indonesia

SEND ME A MESSAGE

Statistik