Kehidupan di Lautan

, , No Comments
Kehidupan di Lautan

    Kalau kita biasa berpergian kelaut, mungkin hanya sebatas bermain disekitar pantai, padahal jika kita memerhatikan lebih jauh laut dan pantai memiliki kehidupan yang tak sekadar hanya ikan, bintang laut, kepiting ,dan lainnya yang sering kita lihat dipantai.

Laut merupakan tempat hidup hewan dan tumbuhan, yang banyak di temui di kebanyakan tempat yang terkena sinar matahari baik di permukaan air, pantai ,maupun perairan dangkal. Hewan yang hidup di laut dapat hidup dari perairan dangkal yang banyak sinar matahari , sampai perairan dalam yang tidak mampu ditembus cahaya matahari, sehingga minim cahaya. Hewan dan tumbuhan yang hidup dilaut dibedakan menjadi tiga ,yaitu Plankton, Nekton, dan Bentos.



    Plankton

    Merupakan organisme mikroskopik yang jumlahnya sangat banyak ,karena ukuran nya inilah sehingga mereka tidak dapat menahan arus laut. Plankton yang dalam bentuk hewan disebut zooplankton, sedangkan Plankton yang dalam bentuk tumbuhan biasa disebut fitoplankton.




http://www.duke.edu/web/nicholas/bio217/jrc25/plankton.jpg
  • Zooplankton
    Suatu kelompok berbagai jenis hewan yang sangat kecil yang melayang – layang di bagian permukan laut ,mereka dapat melayang – layang di permukaan laut karena mampu berenang dan ada yang memiliki tubuh menggelembung. Contoh zooplankton yaitu copepod, srrow wori, jelly fish (ubur – ubur) dan crustace.


     
  • Fitoplankton
    Merupakan tumbuhan air yang berukuran sangat kecil. Yang memiliki peranan yang sama dengan tumbuhan yang ada di ekosistem darat, yaitu sebagai produsen utama zat organic pada ekosistem perairan, Contohnya alga merah yang banyak terdapat di laut merah, dan alga biru yang banyak terdapat di laut tropic, dinophysis, navicula dan lain – lain.
Selain sebagai makanan utama makhluk laut, tumpukan bangkai plankton di laut dangkal merupakan bahan dasar terbentuk nya mineral laut seperti gas, dan minyak bumi yang terbentuk melalui proses panjang selama ribuan atau bahkan jutaan tahun.

    Nekton

    Nekton merupakan hewan laut yang dapat bergerak bebas seperti ikan laut dan reptile laut ,crustacea, cumi – cumi, dan lainya, tetapi mereka tidak dapat hidup di semua tempat dikarenakan perbedaan suhu, kepadatan air, dan salinitas air laut. Manfaat nekton bagi manusia terutama untuk perbaikan gizi, dan peningkatan ekonomi. Tumpukan bangkai nekton merupakan bahan dasar terbentuk nya mineral laut seperti gas, dan minyak bumi yang terbentuk melalui proses panjang selama ribuan atau bahkan jutaan tahun.

http://farm4.static.flickr.com/3302/3596485457_03c4002f32.jpg

    Bentos

    Bentos adalah organisme yang hidup di dasar laut yang menempel pada lumpur maupun pasir, yang dapat di temukan di setiap tempat. Tetapi kelompok tumbuhan bentos hanya dapat ditemui di dasar laut yang masih terkena sinar matahari. Hewan yang menghuni dasar laut ,yaitu siput, bunga karang, kerang, dan bintang laut. Contoh bentos antara lain kerang, bulu babi, bintang laut, terumbu karang dan lain - lain. Tubuh bentos banyak mengandung mineral kapur. Sisa dari rumah atau kerangka bentos jika tertimbun sangat banyak akan dapat membentuk daratan pantai yang terdiri dari batu karang, dan membentuk pulau karang yang berbentuk cincin atau bulan sabit. Sisa kerangka atau cangkang bentos dapat dimanfaatkan sebagai bahan penelitian, rekreasi, sebagai bahan bangunan dan lain – lain. Sedangkan zat kimia yang terdapat pada tubuh bentos dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk pembuatan obat dan kosmetik


 http://2.bp.blogspot.com/__Zsb2HDQgnw/Sf5GJ5cOm3I/AAAAAAAAAAc/HDlMOoGWfEI/s400/sponge.jpg

0 comments:

Posting Komentar