Shark Can not Distinguish Colors (Ikan Hiu Tak Bisa Bedakan Warna)

, , No Comments
Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Western Australia, diketahui bahwa hiu tidak dapat membedakan warna. Buta warna pada hiu ini bisa membawa manfaat bagi perenang, peselancar, dan bahkan hiu itu sendiri.

Menggunakan teknik yang disebut Micro-spektrofotometri, sekelompok peneliti yang dipimpin oleh Nathan melihat Hart Scott ke dalam sel retina termasuk 17 spesies ikan hiu di perairan Queensland dan Australia Barat.




Dalam semua 17 spesies, para peneliti menemukan, cahaya-menerima sel yang paling umum digunakan adalah 'batang sel yang sangat sensitif terhadap cahaya dan memungkinkan hiu untuk melihat dalam gelap. Namun, dengan sel yang hiu tidak dapat membedakan warna.
Selain itu, hiu tidak memiliki cukup sel kerucut yang dapat merespon langsung terhadap cahaya pada panjang gelombang tertentu. Sebagai ilustrasi, mata manusia, berbagai jenis sel kerucut yang tersedia untuk membedakan warna yang tertangkap mata.
Dalam 10 dari 17 jenis hiu yang diteliti, tidak ada sel kerucut yang ditemukan. Hanya 7 jenis hiu yang memiliki sel kerucut, sayangnya hanya satu jenis, yang hanya peka terhadap panjang gelombang sekitar 530 nanometer, yang merupakan panjang gelombang untuk warna hijau.
"Dengan ini berarti sistem retina hiu mampu membedakan misalnya antara abu-abu dan abu-abu, gelap," kata Scott Hart, seperti dikutip dari ScienceDaily, 19 Januari 2011. "Namun, kemungkinan besar, ia tidak bisa membedakan abu-abu dengan warna lain,"katanya.
Manfaat dari penemuan ini, dengan memanfaatkan hiu buta warna, peneliti dapat mengembangkan kolam peralatan yang dapat mengurangi kemungkinan mendeteksi hiu manusia.
"Kami dapat merancang alat pancing, pakaian renang, dan surfing peralatan yang memiliki kontras visual lebih rendah bagi hiu," kata Scott Hart. "Jadi, peralatan menjadi daya tarik kurang 'ke mata ikan hiu, "kata dia.

0 comments:

Posting Komentar